You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pembiusan ilustrasi
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemudik Wajib Waspadai Pembiusan

Menjelang hari raya Idul Fitri, warga ibu kota diminta tetap waspada dan selalu berhati-hati terhadap aksi kriminalitas. Pasalnya, selama bulan Ramadhan aksi kriminalitas cenderung meningkat.

Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal, selain itu jika berpergian pastikan rumah sudah dikunci dan terus dijaga oleh petugas keamanan setempat

Jika pada awal Ramadhan kerap terjadi aksi perampokan maupun perampasan, kini mendekati lebaran pelaku tindak kriminal mulai menyasar rumah kosong (rumsong) serta kejahatan bius yang biasanya kerap dialami para pemudik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, tingkat kejahatan selama bulan Ramadhan cenderung meningkat. Biasanya para pelaku tindak kejahatan memanfaatkan waktu sahur dan solat tarawih untuk beraksi. "Biasanya kesempatan ini dimanfaatkan oleh para penjahat, selain itu mereka juga beraksi saat sahur," ujar Rikwanto, Kamis (17/7).

Awasi Tarif Bus Mudik, Petugas Dishub Menyamar

Dikatakan Rikwanto, target utama yang menjadi sasaran adalah rumah kosong yang biasanya ditinggal pemiliknya saat salat tarawih. Namun, seminggu menjelang lebaran target biasanya bergeser kepada para pemudik di stasiun dan terminal.

Dia melanjutkan, selama bulan puasa, pihaknya memang melakukan operasi cipta kondisi dan tentunya akan semakin tinggi dengan operasi ketupat jelang lebaran. Untuk itu, dia meminta masyarakat waspada dengan maraknya aksi kejahatan. "Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal, selain itu jika berpergian pastikan rumah sudah dikunci dan terus dijaga oleh petugas keamanan setempat," tuturnya.

Selain pembobolan rumsong, pihaknya juga mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati terhadap aksi pembiusan dan hipnotis. Aksi ini biasanya terjadi di terminal, bandara maupun stasiun kereta. "Biasanya mereka mengincar pemudik yang membawa barang banyak," katanya.

Dalam melakukan aksinya, pelaku melakukannya dengan modus menawarkan minuman. Pelaku terlebih dulu mengajak calon korbannya untuk mengobrol. Korban kemudian ditanya-tanya kemana tujuan mudiknya. "Setelah korban merasa nyaman dengan pembicaraan mereka, lalu korban ditawari minuman kaleng. Biasanya, minuman yang ditawarkan itu jenis minuman kopi dalam kemasan kaleng," ungkap Rikwanto.

Karena jenis minuman kopi bisa menyamarkan obat bius dengan rasa pahitnya. "Kopi kan rasanya sedikit pahit, sehingga tidak berasa atau tercium obat biusnya jika menggunakan kopi," ucapnya.

Obat yang dicampurkan sebagai obat bius biasanya CTM dalam jumlah yang banyak. CTM ini lebih dulu dijadikan bubuk, lalu dimasukkan ke dalam kaleng dengan cara melubangi kaleng sebesar diameter paku. Kaleng lalu ditutup lagi dengan menggunakan alumunium foil. "Jangan pernah terima minuman dari orang tidak dikenal. Lebih baik bawa bekal dari rumah," sarannya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye919 personAldi Geri Lumban Tobing